Kamis, 20 Oktober 2011

ISU KERUSUHAN E - KTP


      E – KTP ( Electric – KTP ) merupakan bentuk kartu identitas electric,  dimana dalam hal pembuatannya kita menggunakan sebuah perangkat – perangkat computer untuk memasukan data – data tentang diri kita nantinya. Dalam pembuatannya pun butuh beberapa proses yang harus dilakukan. Pertama kita harus dating ke kelurahan di lingkungan kita dengan membawa fotocopy KK ( Kartu keluarga ) dan KTP lama kita untuk dicatat oleh pihak kelurahan nanti sebagai biodata pendaftaran kita. Setelah kita melakukan pendaftaran, nantinya kita akan mendapatkan Nomor urut pendaftaran kita.  Lalu kita tinggal dipanggil nomor urutnya nanti, Jika sudah dipanggil. Kita akan disuruh masuk kedalam suatu ruangan , dimana nantinya data – data akan dipertanyakan dan dicek kembali untuk diinput kedalam computer dan setelah itu kita di foto langsung disana. Jika sudah foto pun ada kelanjutannya lagi, kita akan disuruh untuk melakukan scan tanda tangan, sidik jari kiri dan kanan, dan selanjutnya scan mata kita. Selanjutnya jika data – data tadi sudah dapat, maka hasilnya akan diinput ke computer untuk disimpan data – datanya dan nantinya data tersebut akan dibuat dan dimasukkan biodata kita di dalam sebuah chip yang ada pada e –KTPnya.

      Dalam sudut pandang system komputernya, dalam pembuatan e – KTP ini terdapat sebuah perangkat – perangkat computer yang telah digunakan. Dengan digunakan perangkat computer seperti ini mungkin akan lebih efisien dalam menyimpan biodata – biodata yang telah membuat e – KTP tersebut. Jadi pada saat akan melakukan pembuatan kartu electric KTPnya, pihak yang membuat akan memakai perangkat – perangkat computer yang akan digunakan untuk memasukkan data – data biodata kedalam chip e – ktpnya dengan menggunakan system yang ada pada computer tersebut.

Fungsi dan Guna E-KTP 
1.      Sebagai identitas jati diri
2.      Berlaku Nasional, sehingga tidak perlu lagi membuat KTP lokal untuk pengurusan izin, pembukaan rekening Bank, dan sebagainya;
3.      Mencegah KTP ganda dan pemalsuan KTP; Terciptanya keakuratan data penduduk untuk mendukung program pembangunan.

Alur dan Proses E-KTP

 
        
Sebenarnya dalam pembuatan e - ktp ini di tiap kota ada yang berjalan lancar dan ada juga yang tidak berjalan lancar karena tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Salah satunya seperti  terjadinya kerusuhan yang terjadi di asrama Haji Pondok Gede Jakarta. terjadi sebuah kerusuhan karena kurang siapnya panitia, itu terlihat dari amburadulnya jadwal, banyak sekali kejanggalan yang membuat peserta kesal dan marah. Dan di bawah ini saya akan menunjukkan beberapa video tentang " Kerusuhan yang terjadi pada saat Bimbingan Teknik Instruktur Elektronik KTP pada tanggal 28 Juli 2011 di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta. Kerusuhan ini terjadi antara peserta dari Sumatera Utara dengan Panitia. Kerusuhan diakibatkan dari kurang siapnya panitia, itu terlihat dari amburadulnya jadwal, banyak sekali kejanggalan yang membuat peserta kesal dan marah".





Tidak ada komentar:

Posting Komentar