Kamis, 20 Oktober 2011

ALTERNATIF SOLUSI TENTANG PARKIRAN KAMPUS

       Sekarang dimana – mana banyak sekali yang memakai alat transportasi kendaraan roda dua maupun mobil. Dari meningkatnya pemakaian kendaraan tersebut, pasti dimana – mana tempat parkir yang akan dibutuhkan untuk kendaraan tersebut akan lebih banyak. Dalam hal ini  sebenarnya tempat parkir yang tersedia dimana – mana pasti ada tempatnya, tetapi masih tetap saja banyak kendaraan yang tidak mendapatkan lahan parkir untuk mendapatkan tempat  parkir untuk mereka. Salah satu tempatnya yang sering sekali lahan parkirannya sudah penuh terus dan malah kekurangan lahan untuk parkir ,salah satunya adalah kampus saya.

      Sebenarnya lahan parkir yang sudah dibuat oleh pihak kampus sudah cukup besar untuk menampung kendaraan – kendaraan mahasiswa yang kuliah disana. Tetapi berhubung banyak peningkatan jumlah mahasiswa di kampus saya serta banyaknya mahasiswa yang kuliah memakai kendaraan roda dua , lahan parkiran yang tersedia untuk menampung kendaraan mahasiswa tersebut menjadi sering kepenuhan dan malah tata letak untuk parkirnya pun menjadi tidak teratur. Karena hanya untuk memuat – muat kan kendaraan mahasiswa saja penempatan kendaraan mereka banyak yang ditempatkan di tempat yang seharusnya bukan lahan untuk parkirnya kendaraan para mahasiswa.

        Dalam hal ini saya mencoba berpikir tentang solusi apa yang bagus agar tempat parkir di kampus saya tidak selalu sering kepenuhan nantinya. Emm.. solusi yang saya pikirkan seperti ini, Dilihat dari tahun ke tahun pasti banyak sekali peningkatan jumlah  mahasiswa, otomatis juga kendaraan transportasi yang digunakan mahasiswanya makin meningkat juga. Seharusnya dari pihak kampus , sebelum tahun ajaran baru dimulai untuk mahasiswa baru. Dari pihak kampus harus memikirkan juga lahan parkir untuk mahasiswa baru yang makin banyak kuliah dikampus ini, jadi dari jauh – jauh hari dari pihak kampus sudah harus bisa memperkirakan untuk membuat lahan parkir baru agar di kampus lahan parkirnya tidak selalu penuh dan penempatan tata letak kendaraan – kendaraannya bisa rapi, teratur, dan penempatannya sesuai ditempat lahan parkirnya,bukan ditempat – tempat lain yang digunakan.

      Selanjutnya untuk solusi lainnya, dari pihak kampus mungkin harus bisa membatasi untuk melakukan penerimaan mahasiswa baru dengan sewajarnya saja, agar nantinya juga untuk masalah lahan parkir untuk mereka – mereka sudah bisa diperkirakan, apakah cukup atau tidak jika dilihat dari jumlah mahasiswanya dan pasti dari situ pihak kampus bisa merencanakan untuk kebutuhan lahan parkir harus dibuat lagi seperti apa.  Jadi kalo ada penerapan seperti itu, otomatis dari lingkungan kampus pun akan tertata rapi dan tidak harus lagi parkir ditempat yang tidak sesuai untuk parkir kendaraan kita nantinya.

           Ada juga solusi lagi, yaitu dengan membuat lahan parkir baru di sekitar kampus yang memang sesuai untuk dijadikan sebagai lahan parkir, khususnya untuk kendaraan roda dua yang banyak dipakai oleh mahasiswanya.  Dengan cara seperti ini juga, nantinya akan membantu untuk memberikan suasana lingkungan yang baik dan kampus menjadi tertata lebih rapi lagi dan tidak melihat kendaraan roda dua yang dipakai oleh mahasiswa diparkir di tempat yang tidak seharusnya. Inilah beberapa alternatif solusi yang saya  sarankan dan mudah –mudahan alternatif solusi tersebut bisa diterapkan dikampus nantinya.
           

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar